sexy lips

Senin, 09 Agustus 2010

kesehatan reproduksi

Vagina: Cintai Dia Luar Dalam


Semua cewe pada tahu kok bahwa memelihara tubuh mereka dengan baik itu penting banget. Makanya, sekarang semua cewe, baik yang muda maupun yang tua, di kantor atau di rumah, lebih agresif mencari informasi tentang tubuh mereka. Belajar tentang tubuh mereka ini termasuk mencari informasi tentang ‘perangkat’ yang cuma dipunyai cewe ini. Ini termasuk informasi tentang organ-organ seks seperti vagina, ovarium dan rahim, termasuk juga segala macem kekhawatiran seperti kehamilan, konsultasi dokter dan berbagai pemeriksaan khusus. Cewe umumnya ngerti kok pengaruhnya menjaga kesehatan pada kehidupan pribadi mereka. Dengan mengenali tubuh kita dan menjaga kesehatannya, kita bisa selalu sukses di bidang kita lho. Ini rumus penting banget buat mencapai keberhasilan dan kepuasan di semua aspek hidup kita.

Apa sih vagina itu?

Vaginamu adalah sebuah saluran yang tercipta dari dinding yang biasanya runtuh berbarengan. Pada wanita dewasa, panjangnya adalah sekitar 9 cm. Hampir seluruh bagian vagina terbentuk atas otot dan selaput tipis yang melapisi dindingnya. Otot-ototnya terdapat di bagian paling dalam dari dinding dan memberi tahanan bagi dinding. Ada bagian dari vagina yang menempel ke bagian dari rahim yang disebut serviks. Serviks adalah bukaan rahim yang menahan bayi ketika sedang hamil, yang berbentuk seperti buah pir.

vagina

Di mana sih letakya vagina itu?

Vagina itu bukan bagian tubuh yang kamu bersihkan setiap mandi lho. Daerah berbentuk seperti segitiga terbalik yang tiap pagi kamu bersihkan itu sebenarnya adalah bagian luar mons dari vulva. Vaginanya sendiri ngga terlihat. Bentuknya adalah seperti sebuah saluran yang mengarah ke belakang dan atas yang membentuk suatu sudut, dikelilingi oleh dinding yang memisahkannya dari bagian-bagian lain.

Apa fungsi dari vagina itu?

Vagina berfungsi sebagai penghubung antara rahim dan bagian luar tubuh. Ketika sedang berhubungan seks, vagina memegang penis, yang merupakan organ seks cowok. Ketika kamu sedang datang bulan, darah mengalir melalui vagina. Vagina juga berfungsi sebagai jalan keluar bayi ketika dia dilahirkan.

Bagaimana vagina terbentuk di dalam rahim?

Vagina terbentuk di awal kehamilan. Di sekitar minggu ke-7 kehamilan, janin di dalam rahim membentuk struktur yang melepaskan zat kimia. Struktur awal ini dipengaruhi oleh gen dari kedua orang tua. Gen-gen ini terdapat pada struktur berbentuk pita yang disebut kromosom. Tipe organ seks yang akan berkembang tergantung pada zat-zat kimia ini. Dua kromosom X akan menyebabkan terbentuknya saluran-saluran kecil yang akan menjadi organ seks cewek, seperti rahim, saluran fallopii dan vagina. Kalau ada kromosom Y, maka yang akan terbentuk adalah organ-organ seks cowok. Dengan berlanjutnya kehamilan, saluran-saluran kecil ini bakal terus menyempurnakan dirinya sampai mereka menjadi organ seks bagian dalam. Dengan dilepaskannya hormon-hormon seks seperti estrogen, benda-benda lain seperti klitoris mulai terbentuk.

Apakah vagina tertutup kulit?
Vagina memang harus dilindungi, tapi dia tidak tertutup kulit. Kulit akan terlalu tebal. Yang melapisi vagina adalah penutup yang berupa selaput tipis. Oleh karenanya, vagina amat sangat sensitif. Pada saat melakukan aktivitas seksual atau ketika sedang merasa terangsang, cairan bening merembes melalui lapisan ini. Lapisan ini bisa mempunyai beberapa tonjolan. Normal aja, dan ngga perlu khawatir karenanya.

Apakah kita buang air kecil melalui vagina?

Mungkin yang terlihat adalah seakan-akan kita buang air kecil melalui vagina, karena urin tampak seperti melalui bukaan vagina ketika kita buang air kecil. Kalau dilihat dari lebih dekat, urinmu keluar dari suatu lubang yang disebut meatus uretra urethral meatus. Uretra adalah bagian dari kandung kemih. Kandung kemih menampung urin yang datang dari ginjal dan melepaskan urin ke meatus uretra ketika kita buang air kecil. Meatus uretra biasanya ngga terlihat. Letaknya pas di atas bukaan vagina. Dengan melihat letaknya, kamu juga bakal nyadar bahwa infeksi yang ada di urin bisa menular ke vagina, dan juga sebaliknya.

Apa itu vulva? Sama ngga dengan vagina?

Vagina beda dari vulva. Vagina itu letaknya di dalam tubuh, sedangkan vulva termasuk juga bagian berbentuk segitiga yang tiap pagi kita bersihkan itu. Yang disebut vulva adalah semua struktur luar dan tanda dari organ seks dan reproduksi cewek. Jadi, masuk akal deh kalau dibilang bahwa vulva adalah organ seks luar dan vagina adalah organ seks dalam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar